Selasa, 23 Juni 2009

JARDIKNAS TEMBUS MIMPI INTERNET DI KECAMATAN KURIPAN

Apa itu internet...?

Jika selama ini orang yang tempatnya saling berjauhan dapat saling berbicara satu sama lain melalui pesawat telpon melalui suara, teks dan gambar mati ; kini dalam era Komunikasi Elektronik berbagai kegiatan yang lebih kompleks telah dapat dilakukan dari jarak jauh.
Dengan bantuan komputer yang dilengkapi modem dan dihubungkan dengan saluran telpon maupun antena, para netter bukan saja hanya dapat berbicara, tetapi juga dapat saling tukar informasi dalam bentuk tulisan, gambar/grafik (image), bahkan video. Hubungan sedemikian ini yang akhirnya membentuk suatu jaringan dan dapat mencakup seluruh tempat di muka bumi ini dikenal sebagai " internet ".
Bagi masyarakat perkotaan khususnya para pelajar, internet merupakan suatu hal yang biasa, dan bahkan anak-anak sekolah dasar pun sudah mampu menggunakan jaringan internet dengan bebas.
Berbeda dengan masyarakat perdesaan yang sangat terpencil jauh dari keramaian kota yang berjarak puluhan kilometer dari pusat ibu kota kabupaten seperti di Kecamatan Kuripan, mendengar internet saja terasa asing dan langka, apa lagi menggunakannya.
Keinginan menggunakan internet bagi masyarakat khususnya para pelajar di Kecamatan Kuripan merupakan mimpi disiang bolong.
Kecamatan Kuripan merupakan kecamatan paling utara di Kabupaten Barito Kuala yang berbatasan sebelah utara dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara Amuntai, sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Kapuas Murung Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, sebelah Timur dengan Kabupaten Tapin dan sebelah Selatan dengan Kecamatan Bakumpai dan Tabukan Kabupaten Barito Kuala.
Untuk menuju Kecamatan Kuripan selama ini hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kapal motor dan speadboat dengan jarak dan waktu tempuh kurang lebih sekitar 65 - 70 Km ( 2 - 4 jam ) perjalanan.

Menembus mimpi.
Pada hari minggu, 21 Juni 2009 mimpi internet itu telah berlalu dan kini telah menjadi kenyataan, setelah pihak Jardiknas bekerjasama dengan pihak ICT Barito Kuala memasang jaringan internet di SMPN 1 Kuripan.
Sejarah baru dunia informasi global telah merambah Kecamatan Kuripan. Transportasi yang cukup sulit dan terisolasi saat ini seakan tenggelam dengan hadirnya transpormasi jaringan internet.
Sehingga kedepannya nanti diharapkan kepada masyarakat khususnya para siswa, dewan guru dan staf dapat menggunakan jaringan internet ini secara optimal guna dan pada saatnya nanti akan dapat menghasilkan lebih banyak lagi SDM untuk dapat mengaplikasikan internet dalam menunjang efisiensi sistem informasi melalui Jaringan Pendidikan Nasional guna meraih wawasan global.
Selamat dan Sukses kepada SMPN 1 Kuripan, semoga mampu bersaing dan sejajar dengan sekolah yang ada di perkotaan. Amin..!


Hairun Noor

e-mail :
h4irunnoor@gmail.com
hairunnoor@ymail.com
hairunnoor@yuurok.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar